Selasa, 01 November 2011

DRAFT RANCANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MA NU 06 CEPIRING


Pendidikan karakter direalisasikan dalam seluruh kegiatan di MA NU 06 Cepiring.  Adapun pelaksanaannya dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
a. Memilih dan menentukan nilai-nilai yang diprioritaskan untuk dikembangkan berdasarkan hasil analisis konteks dengan mempertimbangkan ketersediaan sarana dan kondisi yang ada.
b. Kepala Madrasah melakukan sosialisasi ke semua warga Madrasah (pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, komite Madrasah, dan orang tua peserta didik) agar semua warga Madrasah memiliki komitmen bersama untuk merealisasikan pembentukkan karakater melalui nilai-nilai yang diprioritaskan.
c. Merevisi dokumen I yang telah dimiliki dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi prioritas di Madrasah tersebut.
d. Merevisi dokumen II yang meliputi silabus dan rpp dengan mengintegrasikan nilai-nilai pembentuk karakter.
e. Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan silabus dan RPP yang telah diintegrasikan nilai-nilai pembentuk karakter.
f. Melakukan pembiasaan dalam bentuk perilaku dan kegiatan yang mencerminkan dari nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi prioritas dari MA NU 06 Cepiring
             



2. Perencanaan dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter
a. Bentuk integrasinya. Nilai-nilai pendidikan karakter terintegrasi di seluruh mata pelajaran dan termasuk muatan lokal sesuai dengan kekhasannya. Di dalam silabus nilai-nilai pendidikan karakter tercantum di dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan di dalam pengembangan diri pendidikan karakter diimplementasikan dalam program bimbingan konseling dan ekstrakurikuler. Dalam program ekstrakurikuler melalui beberapa kegiatan seperti kepramukaan, UKS dan PMR, olahraga prestasi, kerohanian, seni budaya/sanggar seni, kepemimpinan. Sementara untuk kegiatan tidak terprogram pendidikan karakter dilakukan melalui pembiasaan rutin, spontan, dan keteladanan. Secara rinci sebagai berikut:
1) Pembiasaan Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, meliputi : upacara bendera, senam, doa bersama, ketertiban, pemeliharaan kebersihan kesehatan diri.
2) Pembiasaan Spontan, yaitu kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus, meliputi : pembentukan perilaku memberi senyum, salam, sapa, membuang sampah pada tempatnya, budaya antri, mengatasi silang pendapat (pertengkaran), saling mengingatkan ketika melihat pelanggaran tata tertib Madrasah, kunjungan rumah, kesetiakawanan sosial, anjangsana.
3) Pembiasaan Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari, meliputi : berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan keberhasilan orang lain, datang tepat waktu. Pelaksanaan pendidikan karakter di MA NU 06 Cepiring Balikpapan juga dilakukan melalui aktifitas sebagai berikut:

1) Kegiatan Rutin

Nilai-Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
yang Dikembangkan
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan
Religius
·         Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dengan dipimpin oleh guru agama melalui speaker dari ruang Guru I.
·         Setiap hari Jumat melaksanakan kegiatan Infak bagi yang Muslim.
·         Setiap pergantian jam pelajaran, siswa memberi salam kepada guru.
·         Melakukan salat Zuhur berjamaah sesuai dengan jadwal yang sudah
ditentukan
·         Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melakukan ibadah.
·         Anak diminta mengucapkan salam sebelum dan sesudah kegiatan, jika bertemu dengan guru, bicara dan bertindak dengan memperhatikan sopan santun.
·         Anak dibiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, permisi dan tolong
·         Mengetuk pintu sebelum masuk ke dalam ruangan orang lain
·         Meminta izin untuk menggunakan barang orang lain
Kedisiplinan
·         Membuat catatan kehadiran pendidik dan peserta didik.
·         Pukul 07.00 semua siswa harus sudah berada di Madrasah dengan toleransi …… menit. Siswa pulang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Bagi siswa yang melanggar diberikan sanksi berupa …….
·          Jam 07.00 semua guru harus sudah berada di Madrasah. Bagi guru yang tidak hadir tepat waktu diberikan teguran dan pulang sesuai jadwal yang ditentukan (Senin – Kamis dan Sabtu pukul 13.00, Jumat pukul 11.00
·         Pegawai Tata Usaha pukul 07.00 harus sudah berada di Madrasah dan pulang pulang pukul 13.00.
·         Bila berhalangan hadir ke Madrasah, maka harus ada surat pemberitahuan ke Madrasah.
·         Kerapian dan kebersihan pakaian, dicek setiap hari oleh seluruh guru,
diawali oleh guru jam pertama . Siswa yang tidak berpakaian rapi diminta merapikannya dan diberitahu cara berpakaian rapi. (kriteria rapi yaitu baju dimasukkan, atribut lengkap, menggunakan kaos kaki dan sepatu yang ditentukan)
·         Kerapian rambut, dicek setiap hari oleh seluruh guru, panjang ukuran rambut tidak boleh kena telinga dan krah baju. Apabila menemukan siswa yang rambutnya tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka diminta untuk mencukur rambut dan diberi tenggang waktu tiga hari, sekiranya masih membandel maka rambut yang bersangkutan akan dipotong oleh guru/petugas yang ditunjuk oleh Madrasah
·         Guru dan pegawai berpakaian rapi.
·          Mengambil sampah yang berserakan.
·          Meminjam dan mengembalikan sendiri buku perpustakaan pada guru perpustakaan.
Peduli Lingkungan
Lingkungan Madrasah bersih
·         Membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya.
·         Setiap jam terakhir atau pukul 13.00 siswa melakukan kebersihan dan memungut sampah di sekitar kelasnya didampingi guru yang mengajar jam terakhir. Siswa membuang sampah kelas ke TPS.
·         Petugas kebersihan Madrasah memungut sampah yang ada di tempat sampah, di kantor dan di luar jangkauan siswa setelah istirahat kedua dan langsung dibuang ke TPS MA NU 06 Cepiring.
·         Guru melaksanakan piket secara berkelompok untuk melihat kebersihan lingkungan.
·         Mengambil sampah yang berserakan.

Kelas Bersih
·         Piket kelas secara kelompok membersihkan kelasnya, strategi setelah pulang Madrasah sesuai daftar piket.
·         Siswa secara individu menata bangku dan kursi setiap hari supaya terlihat rapi.
·         Siswa menata bangku dan kursi secara individu setelah pulang Madrasah.
·          Melakukan pengamatan kebersihan lingkungan oleh penanggung jawab lingkungan (kriterianya ditetapkan Madrasah), dilakukan setiap minggu dan diumumkan pada saat upacara hari Senin. Kelas bersih akan diberikan penghargaan berupa bendera hijau, dan kelas kotor diberikan sanksi bendera merah. Kelas yang lain dianggap agak besih.
·         Tidak mencoret tembok atau bangku/kursi/fasilitas Madrasah. Bagi yang mencoret diberi sanksi membersihkan atau mengecat ulang.
Peduli Sosial
·         Mengumpulkan barang-barang yang masih layak pakai di Madrasah dan menyumbangkannya pada yang membutuhkan, 1 kali setahun.
·         Mengumpulkan sumbangan pada momen tertentu, misalnya gempa bumi, kebakaran, banjir dan lain-lain (sifatnya temporer).
·         Mengunjungi teman/guru yang sakit atau keluarganya meninggal
Kejujuran
·         Menyediakan tempat temuan barang hilang
·         Trasparansi laporan keuangan Madrasah
·         Menyediakan kotak saran dan pengaduan
·         Larangan mencontek saat ulangan
Cinta Tanah Air
·         Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·         Menyanyikan lagu kebangsaan setiap upacara bendera dan peringatan hari besar nasional
·         Memajang foto presiden dan wakil presiden serta lambang negara
·         Memajang foto para pahlawan nasional
·         Menggunakan produk buatan dalam negeri

2) Kegiatan Spontan
Nilai-Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
yang Dikembangkan
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan
Religius
·         Memperingatkan peserta didik yang tidak melaksanakan ibadah
·         Memperingatkan jika tidak mengucapkan salam
·         Meminta maaf bila melakukan kesalahan
Kedisiplinan
·         Memperingatkan siswa yang datangnya terlambat, bila masih terlambat, maka diwajibkan menyapu halaman Madrasah yang masih kotor (sesuai tata tertib Madrasah)
·         Bagi guru yang tidak hadir tepat waktu diberikan teguran dan sanksi. (sesuai dengan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil)
·         Siswa yang tidak berpakaian rapi diminta merapikannya dan diberitahu cara berpakaian rapi.
·          Apabila menemukan siswa yang rambutnya tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka diminta untuk mencukur rambut dan dikasih tenggang waktu tiga hari, sekiranya masih membandel maka akan dipotong oleh guru /petugas yang ditunjuk oleh Madrasah
·         Melerai pertengkaran
Peduli Lingkungan
·         Menyuruh siswa memungut sampah yang dibuang sembarangan
·         Memberikan sanksi pada siswa yang punya kebiasaan membuang sampah sembarangan.
Peduli Sosial
·         Mengunjungi teman yang sakit
·         Melayat apabila ada orang/wali murid yang meninggal dunia
·         Mengumpukan sumbangan untuk bencana alam
·         Membentuk ketua pengumpulan sumbangan di setiap kelas
Kejujuran
·         Memperingatkan siswa yang mencontek saat ujian
·         Memperingatkan siswa yang mencontoh PR temannya

3) Kegiatan Keteladanan
Nilai-Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
yang Dikembangkan
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan
Religius
·          Pendidik berdoa bersama peserta sebelum dan setelah jam pelajaran.
·         Pendidik dan tenaga kependidikan melakukan salat Zuhur berjamaah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan
·         Guru menjadi model yang baik dalam berdoa. Ketika berdoa, maka guru memberi contoh dengan berdoa dengan khusu’ dan dalam bahasa yang Indonesia sehingga dimengerti oleh anak.
Kedisiplinan
·         Jam 07.00 semua guru harus sudah berada di Madrasah menyambut siswa
belajar.
·         Pegawai Tata Usaha jam 08.00 harus sudah berada di Madrasah dan pulang pulang jam 14.00.
·         Mengambil sampah yang berserakan
·         Berbicara yang sopan
·         Mengucapkan terima kasih
·         Meminta maaf
·         Menghargai pendapat orang lain
Peduli Lingkungan
·         Pendidik dan tenaga kependidikan membuang sampah pada tempatnya
·         Pendidik dan tenaga kependidikan kerja bakti membersihkan Madrasah bersama peserta didik
·         Pendidik dan tenaga kependidikan mengambil sampah yang berserakan
Peduli Sosial
·         Pendidik dan tenaga kependidikan mengumpulkan sumbangan setiap ada musibah intern dan bencana alam untuk kegiatan sosial.
Kejujuran
·         Pendidik memberikan penilaian secara objektif
·         Pendidik menepati janji pada peserta didik
Cinta Tanah Air
·         Pendidik dan tenaga kependidikan melakukan upacara dan peringatan hari besar bersama peserta didik

b. Dalam hal penerapan nilai-nilai pembentuk karakter, Madrasah ini menerapkan kebijakan untuk tidak menambah jumlah jam pelajaran khusus.
c. Kalender Akademik
Pada kalender akademik di MA NU 06 Cepiring periode tahun pembelajaran 2011/2012 terdapat beberapa kegiatan seperti ;
1) pesantren ramadhan dari tanggal 18 – 31 Agustus 2010
2) pemilihan ketua OSIS masa bhakti 2011-2012 pada tanggal ………..
3) menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan OSIS masa bhakti 2011 – 2012
4) menyelenggarakan peringatan maulud Nabi Muhammad SAW
5) mengadakan lomba dalam acara peringatan hari Kartini tanggal 21 April 2012
6) upacara peringatan hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei 2011
7) upacara peringatan hari kebangkitan nasional tanggal 20 Mei 2011
8) menyelenggarakan Istighotsah

Selain itu, kegiatan dalam bentuk pembiasaan juga dilakukan dengan keterangan
waktu pelaksanaan dan para penanggung jawab dari kegiatan seperti yang yang
tercantum di dalam tabel di bawah ini.

Kegiatan
Nilai yang
dikembangkan
Waktu
Pelaksanaan
Penanggung Jawab
Pembiasaan rutin
a. Upacara bendera
Semangat kebangsaan, disiplin
Setiap hari
Senin
OSIS, guru piket
b. Pembiasaan doa
Religius
Setiap hari
Senin
Wali kelas
c. Doa bersama
Religius
Setiap awal &
akhir
pembelajaran
Guru mapel
d. Ketertiban
Disiplin
Setiap hari
Guru Piket
e. Jumat Bersih
Peduli lingkungan
Jumat minggu
ke II & IV
Guru Piket
f. Kesehatan diri
Disiplin dan tanggung jawab
Setiap hari
Warga Madrasah
Pembiasaan Spontan
a. Memberi
b. senyum, salam, sapa
Peduli sesama (sosial)
Setiap hari
Warga Madrasah
c.Membuang sampah pada tempatnya
Peduli lingkungan
Setiap hari
Warga Madrasah
d. Budaya antri
Peduli sesama (sosial)
Setiap hari
Warga Madrasah
e. Mengatasi silang pendapat
Peduli sesama (sosial)
Setiap insiden
Warga Madrasah
f. Saling mengingatkan ketika ada pelanggaran tata tertib madrarsah
Disiplin, tanggung jawab
Setiap saat
Warga Madrasah
g. Kunjungan rumah
Peduli sosial
Setiap ada kasus
Wali kelas
h. Kesetiakawanan sosial
Toleransi
Setiap ada kasus
Warga Madrasah
i. Anjangsana
Peduli sesama (sosial)
Setiap ada kasus
Wali kelas
Pembiasaan Keteladanan
a. Berpakaian rapi
Disiplin
Setiap hari
OSIS dan kesiswaan
b. Berbahasa yang baik
Cinta tanah air,
komunikatif, semangat
kebangsanaan
Setiap saat
Warga Madrasah
d. Rajin membaca
Gemar membaca
Setiap saat
Warga Madrasah
e. Memuji kebaikan dan
keberhasilan orang lain
Menghargai prestasi
Setiap saat
Warga Madrasah
f. Datang tepat waktu
Disiplin
Setiap hari
Warga Madrasah
Kegiatan Ekstrakurikler
a. Olahraga
Disiplin, kerjasama, ulet,
Setiap minggu
Pembina  Olah raga
b. Pramuka
Disiplin, kerjasama, ulet,
Setiap jum’at
Pembina Pramuka
c. PMR
Disiplin, kerjasama, ulet, kepedulian sosial
Setiap minggu
Pembina PMR
d. Kesenian Rebana dan Qiro’ah
Disiplin, kerja sama, cinta
tanah air, kerja sama,
toleransi
inovatif
Setiap Minggu
Pembina kesenian
e. Bidang Keakademikan
Kreatif, disiplin, ulet,
realistis, tangguh, mandiri, kerja sama, kerja keras,
kreatif
ulet, kerja keras, disiplin,
rasa ingin tahu, berani
menanggung risiko,
Setiap Minggu
Pembina KIR, Pembina Mading



b. Pengkondisian
Untuk menerapkan pendidikan karakter, MA NU 06 Cepiringmembuat kebijakan Madrasah untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan program ini. Adapun bentuk kebijakan Madrasah antara lain melalui penghargaan dan pemberdayaan, menyediakan peralatan kebersihan.
i. Penghargaan dan Pemberdayaan.
Bentuk penghargaan yang diberikan pihak Madrasah kepada peserta didik adalah dalam lomba kebersihan kelas. Penilaian kebersihan dilakukan Madrasah setiap minggu. Jika dalam rentang waktu 1 (satu) bulan ada kelas yang mendapatkan juara paling bersih dan rapi sebanyak 2 kali berturut-turut, maka kelas tersebut akan mendapatkan “hadiah” yang berupa alat-alat kebersihan seperti sapu, kain pel, pengki, tempat sampah. Dimana hadiah tersebut akan disampaikan ketika ada upacara bendera di hari Senin.
Adapun, sebagai bentuk Punishment di MA NU 06 Cepiringadalah:
1) Pukul 07.00 semua siswa harus sudah berada di Madrasah dengan toleransi …….. menit. Siswa pulang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Bagi siswa yang melanggar diberikan sanksi berupa membersihkan lingkungan Madrasah.
2) Jam 07.00 semua guru harus sudah berada di Madrasah. Bagi guru yang tidak hadir tepat waktu diberikan teguran dan pulang sesuai jadwal yang ditentukan (Senin – Kamis dan Sabtu pukul 13.00, Jumat pukul 11.00
3) Kerapian dan kebersihan pakaian, dicek setiap hari oleh seluruh guru, diawali oleh guru jam pertama. Siswa yang tidak berpakaian rapi diminta merapikannya dan diberitahu cara berpakaian rapi. (kriteria rapi yaitu baju dimasukkan, atribut lengkap, menggunakan kaos kaki dan sepatu yang ditentukan)
4) Kerapian rambut, dicek setiap hari oleh seluruh guru, panjang ukuran rambut tidak boleh kena telinga dan krah baju. Apabila menemukan siswa yang rambutnyatidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka diminta untuk mencukur rambut dan diberi tenggang waktu tiga hari, sekiranya masih membandel maka rambut yang bersangkutan akan dipotong oleh guru/petugas yang ditunjuk oleh Madrasah.
5) Memberikan sanksi pada siswa yang punya kebiasaan membuang sampah sembarangan.

ii. MA NU 06 Cepiringsudah menyediakan berbagai sarana untuk mendukung pengembangan nilai-nilai Pendidikan Karakter. Sarana yang dimaksud adalah peralatan kebersihan seperti sapu, kain pel, ember, pengki, dan tempat sampah.
iii. Penilaian keberhasilan dan tindak lanjut :

a.  Perilaku (kepala Madrasah, tenaga pendidik, kependidikan, dan peserta didik)
1) Kepala Madrasah
a) Hadir pagi jam 06.55 langsung mengawasi kehadiran siswa maupun guru dan staf.
b) Mengerjakan tugas-tugas manajerial.
c) Mengkoordinasikan para wakil yang membidanginya.
2) Guru/Petugas BP
a) Semua guru yang mengajar jam pertama sudah siap pada pukul 07.00.
b) Guru piket telah siap jam 06.50 dengan catatan-catatan yang diperlukan.
c) Bagi guru yang tidak mengajar mulai jam pertama kehadirannya berselang 30 menit ( 3 guru), 45 menit (2 guru) setelah jam 07.15
d) Setelah datang guru langsung mempersiapkan sesuai dengan tupoksinya.
e) Guru piket tiap hari ada 2 (dua) orang.
3) Pegawai/Staf TU
a) Kehadirannya rata-rata lebih dari jam 07.30.
b) Mengerjakan sesuai dengan job diskripsinya dan tupoksinya.
4) Peserta Didik
a) Sebelum mulai pelajaran pada jam 07.00 diadakan berdoa secara keseluruhan warga Madrasah selama 5 menit.
b) Kehadiran siswa yang terlambat diperkirakan 0,6 % untuk hari tersebut di atas.
c) Ketidak hadiran siswa saat itu diperkirakan 0,3 %
d) Ketika sampai di pintu gerbang siswa yang bertemu dengan guru/pegawai/kepala Madrasah bersalaman dan cium tangan.
e) Siswa yang ijin keluar pagar Madrasah mengenakan label/bedge khusus.
f) Siswa yang terlambat lebih 5 menit dikenakan sanksi untuk dibina melalui kebersihan dengan memungut sampah yang masih ada.
b. Sarana dan Prasarana
1) Sarana tempat cuci tangan kondisi terakhir sudah dipasang semuanya pada tempat yang telah ditentukan.
2) Kelengkapan UKS kondisi terakhir sudah lengkap dengan perlengkapan yang diperlukan.
3) Ruang laboratorium masih menggunakan kelas, karena kondisi darurat.
c. Situasi Madrasah
1) Kebersihan terawat oleh petugas dan keterlibatan siswa secara langsung dan bagi yang terlambat lebih dari 15 menit maka siswa diberikan tugas memungut daundaun yang baru gugur dari pohonnya atau ada sampah kecil yang belum terambil.
2) Ruang Kepala Madrasah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, ruang kelas kondisinya bersih dan rapi.
3) Toilet : Ruang Kepala Madrasah, Ruang BK, Ruang UKS, Ruang Mushola terawatt bersih.
4) Halaman Parkir Motor bersih dan penataan kendaraan rapi.
5) Halaman Madrasah terlihat hijau dan pohon-pohon dirawat dengan baik.
d. Tindak Lanjut dari program pendidikan karakter ini, MA NU 06 Cepiring berencana akan terus meningkatkan pencapaian program ini melalui penambahan program kegiatan, menambah jumlah indikator pencapaian, dan menambah jumlah nilai-nilai yang diprioritaskan dari Madrasah ini.

 
© free template by Blogspot tutorial