Pendidikan karakter direalisasikan dalam
seluruh kegiatan di MA NU 06 Cepiring. Adapun pelaksanaannya dilakukan melalui
langkah-langkah sebagai berikut:
a. Memilih dan menentukan nilai-nilai yang
diprioritaskan untuk dikembangkan berdasarkan hasil analisis konteks dengan
mempertimbangkan ketersediaan sarana dan kondisi yang ada.
b. Kepala Madrasah melakukan sosialisasi ke
semua warga Madrasah (pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, komite Madrasah,
dan orang tua peserta didik) agar semua warga Madrasah memiliki komitmen
bersama untuk merealisasikan pembentukkan karakater melalui nilai-nilai yang
diprioritaskan.
c. Merevisi dokumen I yang telah dimiliki dengan
mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi prioritas di Madrasah
tersebut.
d. Merevisi dokumen II yang meliputi silabus dan
rpp dengan mengintegrasikan nilai-nilai pembentuk karakter.
e. Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
silabus dan RPP yang telah diintegrasikan nilai-nilai pembentuk karakter.
f. Melakukan pembiasaan dalam bentuk perilaku dan kegiatan yang
mencerminkan dari nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadi prioritas dari MA
NU 06 Cepiring
2. Perencanaan dan Pelaksanaan Pendidikan
Karakter
a. Bentuk integrasinya. Nilai-nilai
pendidikan karakter terintegrasi di seluruh mata pelajaran dan termasuk muatan
lokal sesuai dengan kekhasannya. Di dalam silabus nilai-nilai pendidikan
karakter tercantum di dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan di dalam
pengembangan diri pendidikan karakter diimplementasikan dalam program bimbingan
konseling dan ekstrakurikuler. Dalam program ekstrakurikuler melalui beberapa
kegiatan seperti kepramukaan, UKS dan PMR, olahraga prestasi, kerohanian, seni
budaya/sanggar seni, kepemimpinan. Sementara untuk kegiatan tidak terprogram pendidikan
karakter dilakukan melalui pembiasaan rutin, spontan, dan keteladanan. Secara
rinci sebagai berikut:
1) Pembiasaan Rutin, yaitu kegiatan yang
dilakukan terjadwal, meliputi : upacara bendera, senam, doa bersama,
ketertiban, pemeliharaan kebersihan kesehatan diri.
2) Pembiasaan Spontan, yaitu kegiatan tidak
terjadwal dalam kejadian khusus, meliputi : pembentukan perilaku memberi
senyum, salam, sapa, membuang sampah pada tempatnya, budaya antri, mengatasi
silang pendapat (pertengkaran), saling mengingatkan ketika melihat pelanggaran
tata tertib Madrasah, kunjungan rumah, kesetiakawanan sosial, anjangsana.
3) Pembiasaan Keteladanan, adalah kegiatan
dalam bentuk perilaku sehari-hari, meliputi : berpakaian rapi, berbahasa yang
baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan keberhasilan orang lain, datang tepat
waktu. Pelaksanaan pendidikan karakter di MA NU 06 Cepiring Balikpapan juga dilakukan
melalui aktifitas sebagai berikut:
Nilai-Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
yang Dikembangkan
|
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan
|
Religius
|
·
Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran dengan dipimpin oleh guru agama melalui speaker
dari ruang Guru I.
·
Setiap
hari Jumat melaksanakan kegiatan Infak bagi yang Muslim.
·
Setiap
pergantian jam pelajaran, siswa memberi salam kepada guru.
·
Melakukan
salat Zuhur berjamaah sesuai dengan jadwal yang sudah
ditentukan
·
Memberikan
kesempatan kepada semua peserta didik untuk melakukan ibadah.
·
Anak
diminta mengucapkan salam sebelum dan sesudah kegiatan, jika bertemu dengan
guru, bicara dan bertindak dengan memperhatikan sopan santun.
·
Anak
dibiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, permisi dan tolong
·
Mengetuk
pintu sebelum masuk ke dalam ruangan orang lain
·
Meminta
izin untuk menggunakan barang orang lain
|
Kedisiplinan
|
·
Membuat
catatan kehadiran pendidik dan peserta didik.
·
Pukul
07.00 semua siswa harus sudah berada di Madrasah dengan toleransi …… menit.
Siswa pulang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Bagi siswa yang
melanggar diberikan sanksi berupa …….
·
Jam 07.00 semua guru harus sudah berada di Madrasah. Bagi guru yang
tidak hadir tepat waktu diberikan teguran dan pulang sesuai jadwal yang ditentukan
(Senin – Kamis dan Sabtu pukul 13.00, Jumat pukul 11.00
·
Pegawai
Tata Usaha pukul 07.00 harus sudah berada di Madrasah dan pulang pulang pukul
13.00.
·
Bila
berhalangan hadir ke Madrasah, maka harus ada surat pemberitahuan ke Madrasah.
·
Kerapian
dan kebersihan pakaian, dicek setiap hari oleh seluruh guru,
diawali
oleh guru jam pertama . Siswa yang tidak berpakaian rapi diminta merapikannya
dan diberitahu cara berpakaian rapi. (kriteria rapi yaitu baju dimasukkan,
atribut lengkap, menggunakan kaos kaki dan sepatu yang ditentukan)
·
Kerapian
rambut, dicek setiap hari oleh seluruh guru, panjang ukuran rambut tidak
boleh kena telinga dan krah baju. Apabila menemukan siswa yang rambutnya
tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka diminta untuk mencukur
rambut dan diberi tenggang waktu tiga hari, sekiranya masih membandel maka
rambut yang bersangkutan akan dipotong oleh guru/petugas yang ditunjuk oleh Madrasah
·
Guru
dan pegawai berpakaian rapi.
·
Mengambil sampah yang berserakan.
·
Meminjam dan mengembalikan sendiri buku perpustakaan pada guru perpustakaan.
|
Peduli
Lingkungan
|
Lingkungan Madrasah bersih
·
Membiasakan
anak untuk membuang sampah pada tempatnya.
·
Setiap
jam terakhir atau pukul 13.00 siswa melakukan kebersihan dan memungut sampah
di sekitar kelasnya didampingi guru yang mengajar jam terakhir. Siswa
membuang sampah kelas ke TPS.
·
Petugas
kebersihan Madrasah memungut sampah yang ada di tempat sampah, di kantor dan
di luar jangkauan siswa setelah istirahat kedua dan langsung dibuang ke TPS
MA NU 06 Cepiring.
·
Guru
melaksanakan piket secara berkelompok untuk melihat kebersihan lingkungan.
·
Mengambil
sampah yang berserakan.
|
Kelas Bersih
·
Piket
kelas secara kelompok membersihkan kelasnya, strategi setelah pulang Madrasah
sesuai daftar piket.
·
Siswa
secara individu menata bangku dan kursi setiap hari supaya terlihat rapi.
·
Siswa
menata bangku dan kursi secara individu setelah pulang Madrasah.
·
Melakukan pengamatan kebersihan lingkungan oleh penanggung jawab lingkungan
(kriterianya ditetapkan Madrasah), dilakukan setiap minggu dan diumumkan pada
saat upacara hari Senin. Kelas bersih akan diberikan penghargaan berupa
bendera hijau, dan kelas kotor diberikan sanksi bendera merah. Kelas yang
lain dianggap agak besih.
·
Tidak
mencoret tembok atau bangku/kursi/fasilitas Madrasah. Bagi yang mencoret
diberi sanksi membersihkan atau mengecat ulang.
|
|
Peduli Sosial
|
·
Mengumpulkan
barang-barang yang masih layak pakai di Madrasah dan menyumbangkannya pada
yang membutuhkan, 1 kali setahun.
·
Mengumpulkan
sumbangan pada momen tertentu, misalnya gempa bumi, kebakaran, banjir dan
lain-lain (sifatnya temporer).
·
Mengunjungi
teman/guru yang sakit atau keluarganya meninggal
|
Kejujuran
|
·
Menyediakan
tempat temuan barang hilang
·
Trasparansi
laporan keuangan Madrasah
·
Menyediakan
kotak saran dan pengaduan
·
Larangan
mencontek saat ulangan
|
Cinta Tanah Air
|
·
Menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
·
Menyanyikan
lagu kebangsaan setiap upacara bendera dan peringatan hari besar nasional
·
Memajang
foto presiden dan wakil presiden serta lambang negara
·
Memajang
foto para pahlawan nasional
·
Menggunakan
produk buatan dalam negeri
|
2)
Kegiatan Spontan
Nilai-Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
yang Dikembangkan
|
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan
|
Religius
|
·
Memperingatkan peserta didik yang tidak
melaksanakan ibadah
·
Memperingatkan jika tidak mengucapkan salam
·
Meminta maaf bila melakukan kesalahan
|
Kedisiplinan
|
·
Memperingatkan siswa yang datangnya terlambat,
bila masih terlambat, maka diwajibkan menyapu halaman Madrasah yang masih
kotor (sesuai tata tertib Madrasah)
·
Bagi guru yang tidak hadir tepat waktu
diberikan teguran dan sanksi. (sesuai dengan Peraturan Disiplin Pegawai
Negeri Sipil)
·
Siswa yang tidak berpakaian rapi diminta
merapikannya dan diberitahu cara berpakaian rapi.
·
Apabila menemukan siswa yang rambutnya tidak
sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka diminta untuk mencukur rambut dan
dikasih tenggang waktu tiga hari, sekiranya masih membandel maka akan dipotong
oleh guru /petugas yang ditunjuk oleh Madrasah
·
Melerai pertengkaran
|
Peduli Lingkungan
|
·
Menyuruh siswa memungut sampah yang dibuang
sembarangan
·
Memberikan sanksi pada siswa yang punya
kebiasaan membuang sampah sembarangan.
|
Peduli Sosial
|
·
Mengunjungi teman yang sakit
·
Melayat apabila ada orang/wali murid yang
meninggal dunia
·
Mengumpukan sumbangan untuk bencana alam
·
Membentuk ketua pengumpulan sumbangan di
setiap kelas
|
Kejujuran
|
·
Memperingatkan siswa yang mencontek saat ujian
·
Memperingatkan siswa yang mencontoh PR
temannya
|
3)
Kegiatan Keteladanan
Nilai-Nilai Budaya
dan Karakter Bangsa
yang Dikembangkan
|
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan
|
Religius
|
·
Pendidik berdoa bersama peserta sebelum dan setelah jam pelajaran.
·
Pendidik
dan tenaga kependidikan melakukan salat Zuhur berjamaah sesuai dengan jadwal
yang sudah ditentukan
·
Guru
menjadi model yang baik dalam berdoa. Ketika berdoa, maka guru memberi contoh
dengan berdoa dengan khusu’ dan dalam bahasa yang Indonesia sehingga
dimengerti oleh anak.
|
Kedisiplinan
|
·
Jam
07.00 semua guru harus sudah berada di Madrasah menyambut siswa
belajar.
·
Pegawai
Tata Usaha jam 08.00 harus sudah berada di Madrasah dan pulang pulang jam
14.00.
·
Mengambil
sampah yang berserakan
·
Berbicara
yang sopan
·
Mengucapkan
terima kasih
·
Meminta
maaf
·
Menghargai
pendapat orang lain
|
Peduli Lingkungan
|
·
Pendidik
dan tenaga kependidikan membuang sampah pada tempatnya
·
Pendidik
dan tenaga kependidikan kerja bakti membersihkan Madrasah bersama peserta
didik
·
Pendidik
dan tenaga kependidikan mengambil sampah yang berserakan
|
Peduli Sosial
|
·
Pendidik
dan tenaga kependidikan mengumpulkan sumbangan setiap ada musibah intern dan
bencana alam untuk kegiatan sosial.
|
Kejujuran
|
·
Pendidik
memberikan penilaian secara objektif
·
Pendidik
menepati janji pada peserta didik
|
Cinta Tanah Air
|
·
Pendidik
dan tenaga kependidikan melakukan upacara dan peringatan hari besar bersama
peserta didik
|
b. Dalam hal penerapan nilai-nilai pembentuk
karakter, Madrasah ini menerapkan kebijakan untuk tidak menambah jumlah jam
pelajaran khusus.
c. Kalender Akademik
Pada
kalender akademik di MA NU 06 Cepiring periode tahun pembelajaran 2011/2012 terdapat
beberapa kegiatan seperti ;
1) pesantren ramadhan
dari tanggal 18 – 31 Agustus 2010
2) pemilihan ketua
OSIS masa bhakti 2011-2012 pada tanggal ………..
3) menyelenggarakan
Diklat Kepemimpinan OSIS masa bhakti 2011 – 2012
4) menyelenggarakan
peringatan maulud Nabi Muhammad SAW
5) mengadakan lomba
dalam acara peringatan hari Kartini tanggal 21 April 2012
6) upacara peringatan
hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei 2011
7)
upacara peringatan hari kebangkitan nasional tanggal 20 Mei 2011
8)
menyelenggarakan Istighotsah
Selain itu, kegiatan dalam bentuk pembiasaan
juga dilakukan dengan keterangan
waktu pelaksanaan dan para penanggung jawab
dari kegiatan seperti yang yang
tercantum di dalam tabel di bawah ini.
Kegiatan
|
Nilai yang
dikembangkan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Penanggung Jawab
|
Pembiasaan rutin
|
|||
a. Upacara bendera
|
Semangat kebangsaan, disiplin
|
Setiap hari
Senin
|
OSIS, guru piket
|
b. Pembiasaan doa
|
Religius
|
Setiap hari
Senin
|
Wali kelas
|
c. Doa bersama
|
Religius
|
Setiap awal &
akhir
pembelajaran
|
Guru mapel
|
d. Ketertiban
|
Disiplin
|
Setiap hari
|
Guru Piket
|
e. Jumat Bersih
|
Peduli lingkungan
|
Jumat minggu
ke II & IV
|
Guru Piket
|
f. Kesehatan diri
|
Disiplin dan tanggung jawab
|
Setiap hari
|
Warga Madrasah
|
Pembiasaan Spontan
|
|||
a. Memberi
b. senyum, salam, sapa
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap hari
|
Warga Madrasah
|
c.Membuang sampah pada tempatnya
|
Peduli lingkungan
|
Setiap hari
|
Warga Madrasah
|
d. Budaya antri
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap hari
|
Warga Madrasah
|
e. Mengatasi silang pendapat
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap insiden
|
Warga Madrasah
|
f. Saling mengingatkan ketika ada pelanggaran tata tertib madrarsah
|
Disiplin, tanggung jawab
|
Setiap saat
|
Warga Madrasah
|
g. Kunjungan rumah
|
Peduli sosial
|
Setiap ada kasus
|
Wali kelas
|
h. Kesetiakawanan sosial
|
Toleransi
|
Setiap ada kasus
|
Warga Madrasah
|
i. Anjangsana
|
Peduli sesama (sosial)
|
Setiap ada kasus
|
Wali kelas
|
Pembiasaan Keteladanan
|
|||
a. Berpakaian rapi
|
Disiplin
|
Setiap hari
|
OSIS dan kesiswaan
|
b. Berbahasa yang baik
|
Cinta tanah air,
komunikatif, semangat
kebangsanaan
|
Setiap saat
|
Warga Madrasah
|
d. Rajin membaca
|
Gemar membaca
|
Setiap saat
|
Warga Madrasah
|
e. Memuji kebaikan dan
keberhasilan orang lain
|
Menghargai prestasi
|
Setiap saat
|
Warga Madrasah
|
f. Datang tepat waktu
|
Disiplin
|
Setiap hari
|
Warga Madrasah
|
Kegiatan Ekstrakurikler
|
|||
a. Olahraga
|
Disiplin, kerjasama, ulet,
|
Setiap minggu
|
Pembina
Olah raga
|
b. Pramuka
|
Disiplin, kerjasama, ulet,
|
Setiap jum’at
|
Pembina Pramuka
|
c. PMR
|
Disiplin, kerjasama, ulet, kepedulian sosial
|
Setiap minggu
|
Pembina PMR
|
d. Kesenian Rebana dan Qiro’ah
|
Disiplin, kerja sama, cinta
tanah air, kerja sama,
toleransi
inovatif
|
Setiap Minggu
|
Pembina kesenian
|
e. Bidang Keakademikan
|
Kreatif, disiplin, ulet,
realistis, tangguh, mandiri, kerja sama, kerja keras,
kreatif
ulet, kerja keras, disiplin,
rasa ingin tahu, berani
menanggung risiko,
|
Setiap Minggu
|
Pembina KIR, Pembina Mading
|
b.
Pengkondisian
Untuk menerapkan pendidikan karakter, MA NU 06
Cepiringmembuat kebijakan Madrasah untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan
program ini. Adapun bentuk kebijakan Madrasah antara lain melalui penghargaan
dan pemberdayaan, menyediakan peralatan kebersihan.
i.
Penghargaan dan Pemberdayaan.
Bentuk penghargaan yang diberikan pihak Madrasah
kepada peserta didik adalah dalam lomba kebersihan kelas. Penilaian kebersihan
dilakukan Madrasah setiap minggu. Jika dalam rentang waktu 1 (satu) bulan ada
kelas yang mendapatkan juara paling bersih dan rapi sebanyak 2 kali berturut-turut,
maka kelas tersebut akan mendapatkan “hadiah” yang berupa alat-alat kebersihan
seperti sapu, kain pel, pengki, tempat sampah. Dimana hadiah tersebut akan
disampaikan ketika ada upacara bendera di hari Senin.
Adapun, sebagai bentuk Punishment di MA NU 06 Cepiringadalah:
1)
Pukul 07.00 semua siswa harus sudah berada di Madrasah
dengan toleransi …….. menit. Siswa pulang sesuai dengan jadwal yang telah
ditetapkan. Bagi siswa yang melanggar diberikan sanksi berupa membersihkan
lingkungan Madrasah.
2)
Jam 07.00 semua guru harus sudah berada di Madrasah.
Bagi guru yang tidak hadir tepat waktu diberikan teguran dan pulang sesuai
jadwal yang ditentukan (Senin – Kamis dan Sabtu pukul 13.00, Jumat pukul 11.00
3)
Kerapian dan kebersihan pakaian, dicek setiap hari
oleh seluruh guru, diawali oleh guru jam pertama. Siswa yang tidak berpakaian
rapi diminta merapikannya dan diberitahu cara berpakaian rapi. (kriteria rapi
yaitu baju dimasukkan, atribut lengkap, menggunakan kaos kaki dan sepatu yang
ditentukan)
4)
Kerapian rambut, dicek setiap hari oleh seluruh
guru, panjang ukuran rambut tidak boleh kena telinga dan krah baju. Apabila
menemukan siswa yang rambutnyatidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka
diminta untuk mencukur rambut dan diberi tenggang waktu tiga hari, sekiranya
masih membandel maka rambut yang bersangkutan akan dipotong oleh guru/petugas
yang ditunjuk oleh Madrasah.
5)
Memberikan sanksi pada siswa yang punya
kebiasaan membuang sampah sembarangan.
ii.
MA NU 06 Cepiringsudah menyediakan berbagai sarana untuk mendukung pengembangan
nilai-nilai Pendidikan Karakter. Sarana yang dimaksud adalah peralatan
kebersihan seperti sapu, kain pel, ember, pengki, dan tempat sampah.
iii. Penilaian keberhasilan dan tindak lanjut :
a. Perilaku (kepala Madrasah, tenaga pendidik,
kependidikan, dan peserta didik)
1) Kepala Madrasah
a) Hadir pagi jam 06.55 langsung mengawasi kehadiran siswa maupun
guru dan staf.
b) Mengerjakan tugas-tugas manajerial.
c) Mengkoordinasikan para wakil yang membidanginya.
2) Guru/Petugas BP
a)
Semua guru yang mengajar jam pertama sudah siap
pada pukul 07.00.
b)
Guru piket telah siap jam 06.50 dengan
catatan-catatan yang diperlukan.
c)
Bagi guru yang tidak mengajar mulai jam pertama
kehadirannya berselang 30 menit ( 3 guru), 45 menit (2 guru) setelah jam 07.15
d)
Setelah datang guru langsung mempersiapkan
sesuai dengan tupoksinya.
e)
Guru piket tiap hari ada 2 (dua) orang.
3) Pegawai/Staf TU
a) Kehadirannya
rata-rata lebih dari jam 07.30.
b) Mengerjakan
sesuai dengan job diskripsinya dan tupoksinya.
4) Peserta Didik
a)
Sebelum mulai pelajaran pada jam 07.00 diadakan
berdoa secara keseluruhan warga Madrasah selama 5 menit.
b)
Kehadiran siswa yang terlambat diperkirakan 0,6
% untuk hari tersebut di atas.
c)
Ketidak hadiran siswa saat itu diperkirakan 0,3
%
d)
Ketika sampai di pintu gerbang siswa yang
bertemu dengan guru/pegawai/kepala Madrasah bersalaman dan cium tangan.
e)
Siswa yang ijin keluar pagar Madrasah mengenakan
label/bedge khusus.
f)
Siswa yang terlambat lebih 5 menit dikenakan sanksi
untuk dibina melalui kebersihan dengan memungut sampah yang masih ada.
b. Sarana dan Prasarana
1)
Sarana tempat cuci tangan kondisi terakhir sudah
dipasang semuanya pada tempat yang telah ditentukan.
2)
Kelengkapan UKS kondisi terakhir sudah lengkap
dengan perlengkapan yang diperlukan.
3)
Ruang laboratorium masih menggunakan kelas,
karena kondisi darurat.
c. Situasi Madrasah
1)
Kebersihan terawat oleh petugas dan keterlibatan
siswa secara langsung dan bagi yang terlambat lebih dari 15 menit maka siswa diberikan
tugas memungut daundaun yang baru gugur dari pohonnya atau ada sampah kecil
yang belum terambil.
2)
Ruang Kepala Madrasah, Ruang Guru, Ruang Tata
Usaha, ruang kelas kondisinya bersih dan rapi.
3)
Toilet : Ruang Kepala Madrasah, Ruang BK, Ruang
UKS, Ruang Mushola terawatt bersih.
4)
Halaman Parkir Motor bersih dan penataan
kendaraan rapi.
5)
Halaman Madrasah terlihat hijau dan pohon-pohon
dirawat dengan baik.
d.
Tindak Lanjut dari program pendidikan karakter ini, MA NU 06 Cepiring berencana
akan terus meningkatkan pencapaian program ini melalui penambahan program
kegiatan, menambah jumlah indikator pencapaian, dan menambah jumlah nilai-nilai
yang diprioritaskan dari Madrasah ini.