Jumat, 28 Januari 2011

Simulasi Kelulusan Nilai Akhir Ujian Nasional 2011 (Aplikasi Microsoft Exel)

content="Word.Document">

File download Simulasi Nilai Akhir (NA)


1. Nilai akhir SMA/MA : simulasi kelulusan ujian nasional smp mts tahun 2011.xls

2. Nilai Akhir SMP / MTs : simulasi kelulusan ujian nasional sma ma 2011.xlsx


Ujian Nasional (UN) tahun 2011 akan diselenggarakan bulan April 2011. Ada beberapa perubahan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional kali ini terutama penentuan kelulusan, semula hanya nilai UN sebagai patokan kelulusan dengan ketentuan tidak ada nilai kurang dari 4,0, nilai 4,0 kurang dari 2 mapel serta nilai rata-rata tidak boleh kurang dari 5,5.

UN tahun 2011 mengikutsertakan komponen Nilai Sekolah / Madrasah (NS/M) yang terdiri dari Nirai Raport (NR) dan Nilai Ujian Sekolah/Madrsah (NUS/M) keduanya digabung menjadi Nilai Sekolah / Madrasah (NS/M).

Permendiknas No 45 tahun 2011 : Pasal 6

(1) Kelulusan peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan NA.

(2) NA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UN, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk Nilai UN. (3) Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Ketentuan ini banyak disalah artikan oleh beberapa pemangku kebijakan ditingkat satuan pendidikan, seolah-olah dengan nilia Raport yang tinggi otomatis lulus Ujian, padahal kontribusi Nilai Raport dalam penentuan Nilai Akhir hanya 16 % (40% dari 40%).

Program Aplikasi Simulasi Nilai Kelulusan ini diharapkan menjadi sarana bagi Guru dan Calon Peserta UN setelah mengetahui Nilai Raportnya untuk menentukan target pencapaian Nilai Ujian Sekolah/Madrsah serta Nilai Ujian Nasional untuk memenuhi kekettuan pasal 6 tersebut diatas.

Semoga bermanfaat bagi pelaksanaan Ujian Nasional " Sukses Penyelenggaraan Sukses hasil"

 
© free template by Blogspot tutorial